Tips Agar Kamu Diterima di SMA Favorit!

 Tips Agar Kamu Diterima di SMA Favorit



Sumber gambar : https://wirahadie.com/tips-masuk-sma-favorit/

[Konsultasi Jurusan Kuliah, SMA, SMK? Kunjungi Instagram @collegawan, WhatsApp: 0881026666933]

Hai! Pada tulisanku kali ini, aku mau sedikit pamer, hehe. Di postingan yang "Apa Itu Collegawan" aku sudah sedikit menyinggung tentang background sekolahku. Aku alumni salah satu SMA berasrama terbaik di Indonesia yang untuk bisa masuk ke sekolah itu, terkenal sangat susah. Untuk masuk ke SMA itu, aku harus mengikuti 3 rangkaian tes, yaitu tes akademik (pelajaran dan tes IQ), tes fisik (lari, push up, sit up, squat thrusts), dan tes wawancara. Pada tahun aku masuk sekolah itu, yang mendaftar di sekolah itu mencapai 1100 orang, dan yang diambil hanya 200 orang, 100 orang perempuan, 100 orang laki-laki. Setelah lulus dari sekolah itu, aku merasakan privillege untuk masuk ke PTN, karena sekolahku benar-benar berfokus pada persiapan PTN dan pembentukan karakter.

Nah, sekarang, aku mau sharing, tips bagaimana aku bisa masuk ke SMA favorit. 

1. Tentukan target sekolah yang ingin kamu capai

Kamu harus tau dulu, dan tentuin target sekolah yang kamu mau. Kamu pikirin juga, mau masuk jurusan apa, IPA, IPS, atau Bahasa. Kalo ini, harus sesuai sama bakat dan minat kamu. 

2. Berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling

Setelah kamu tau sekolah incaranmu, boleh banget, loh, untuk konsultasi dengan guru BK sekolahmu. Dulu, aku sama guru BK sekolahku sampai jadi besti, haha. Guru BK akan ngasih kamu saran dan masukan, supaya kamu bisa benar-benar yakin buat masuk ke sekolah impian kamu. 

3. Fokus pada tujuan dan berusaha dengan keras

Ini yang paling penting sih menurutku. Aku bukan anak yang pintar dan menonjol, tapi, aku percaya, dengan fokus pada tujuan dan kerja keras, aku bisa meraih apapun yang aku inginkan. Seandainya kamu gagal pun, yang penting kamu gagal dengan terhormat dan dalam usaha yang keras. Untuk masuk ke SMA itu, aku belajar dan latihan fisik sampai 6 bulan sebelumnya. Kalau kamu sudah punya target, fokus aja sama targetmu. Jangan biarin orang yang merendahkan kamu menghalangi kamu mencapai cita-citamu. Kurangi jam main, pacaran, main HP, atau waktu kamu bersosial media. 

4. Mengikuti bimbingan belajar dan try out

Kalau kamu ikut bimbingan belajar, kamu akan lebih terarah, dan benar-benar bisa paham materi di sekolah. Kamu juga bisa ikutan Try Out, supaya kamu tau nih, bagaimana tipe soal dan kamu juga bisa mengukur kemampuan belajar kamu, apa lagi yang harus kamu pelajari dengan lebih serius.

5. Berserah diri kepada Tuhan

Nah, ini juga penting. Kamu harus percaya, setiap orang punya jalan hidupnya sendiri-sendiri. Jalan hidup setiap orang udah ada yang ngatur. Jadi, setelah kamu berusaha, jangan lupa berdoa supaya diberikan apa yang terbaik untuk hidup kamu kedepannya. Dan andaikata kamu belum meraih impian itu, kamu bisa ikhlas, dan percaya masih banyak hal baik diluar sana yang menunggu kamu. 


Semangat ya! Doa terbaik mengiringi kalian semua. 

Bagi kamu yang masih bingung jurusan kuliah, mahasiswa yang ngerasa salah jurusan, dan bagi kamu yang bingung mau melanjutkan jurusan di SMA/SMK, bisa konsultasi online di collegawan. Hanya dengan 5.000 kamu sudah bisa konsultasi di collegawan loh. Selain konsultasi, kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman menjadi mahasiswa di jurusan yang kamu impikan, ingin belajar mata kuliah dari jurusan yang kamu impikan, sehingga kamu bisa ukur kemampuan kamu untuk lanjut/tidak nya mengejar jurusan tersebut, kamu bisa ikutan program kuliah singkat online di collegawan. Hanya dengan 35.000 loh. Hubungi nomor WhatsApp: 0881026666933, Ig: @collegawan.


Putri Harum,18.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurusan SAINTEK yang Ketat Persaingan di SNMPTN

Apa Itu Collegawan?

Entertainment Flavour